Cara Flash Ulang Lenovo a369i

Pernak Pernik Teknologi - Semakin banyak pengguna Lenovo a369i semakin banyak juga yang mencoba untuk oprek. Ketika gagal oprek, kemungkinan baiknya hanya bootlop kecil, tapi kemungkinan buruknya hardbrick hehe.. dan solusinya harus flash ulang atau install ulang..

Sebelum flash alangkah baiknya kalau sobat baca saran dari saya :

Ketika sobat mencoba untuk flash ulang yang beda row, misalkan row sobat yang pertama 108, terus mau di flash ke 110, 111. 201 atau lite s005, sebaiknya jangan tekan tombol download tapi tekan tombol Firmware > Upgrade


PERINGATAN
Sebelum flash , biasakan backup imei dulu ya.. buat jaga jaga. cara backup bisa di baca disini
  • Persiapan
- SP Flash Tools ( Disini ) NEW work V5.1
- Driver USB ( Unduh )
- Firmware lenovo a369i

  1. - ROW 108 ( Donwload ) 
  2. - ROW 110 ( Download )
  3. - ROW 111 ( Download )
  4. - ROW 201 ( Download )
  5. ROW Lite_S005 ( Download )
- USB
- PC

  • Eksekusi : 


- Download,Instal & Extract semua kebutuhannya

- tancapkan HH ke USB (ke Laptop/PC dan HH dalam keadaan OFF)

- Install driver

- Setelah instalasi driver selesai dan sudah terdeteksi, lepas HH dari USB

- Buka “SP FlashTools”

- Klik tombol “scatter-loading”





- Pilih file “Target_bin” di folder extract-an stock rom atau firmware yang tadi sobat download Lalu tekan ok atau dobel klik




- di dalam folder target_bin ada file “MT6577_Android_scatter_emmc.txt” pilih lalu klik ok



- centang semua kolom di SP Flash Tools lalu Klik tombol “Download”
biasanya warna pertama ungu biru terus akan berhenti di nol, nah setelah di nol, - Tancapkan lagi HH ke USB (ke Laptop/PC dan HH masih dalam kondisi OFF) Biasanya baterai di lepas, jadi lepaslah baterai. Kalau tidak ada reaksi, coba pasang saja baterainya




- Tunggu hingga proses selesai, 


Jika sudah keluar popup “lingkaran hijau (OK)” berarti proses flashing sudah berhasil dilakukan



TAMBAHAN :

Tapi kalau sobat mengalami kendala, misal muncul ini waktu klik download dan menyambungkan HH ke PC




Jangan khawatir, sobat klik saja Firmware > Upgrade 



Tunggu sampai warna Ungu yang berjalan cepat berhenti, setelah 0%. sambungkan HH sobat ke PC lagi tanpa baterai

Selesai ^_^


Belum jelas? Coba lihat Video di bawah ini :




Referensi ( XDA )

Tutorial ini sudah saya buktikan sendiri, jadi kemungkinan gagal 1 % :)



Salam Oprekers....

231 Komentar untuk "Cara Flash Ulang Lenovo a369i"

  1. saaat mau update driver kok kneksi usb tiba2 terputus..ada solusi?

    BalasHapus
  2. gan waktu flashtool 0% hh saya tancapkan ke pc trus gak ada respon gimana ? batrei keadaan dipasang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterainnya jangan di pasang coba.. pastikan jangan pakai windows 8 ke atas ya hehe.. biasnaya gak work

      Hapus
  3. Gan ane upgrade framework dari row 108 ke 201 koq sim cardnya malah nggk kebaca ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan.. saya kemarin juga begitu.. coba cari fix imei gan.. di google atau di blog ini juga ada :)

      Hapus
  4. minta link videonya gan untuk di download

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya di youtube gan.. ini youtube.com/watch?v=Zg93b9i4HnA

      Hapus
  5. Gan ane nyoba flasing stock rom row 110, proses flasing berhasil 100% (Download Ok) tp setelah itu hh jadi gak bisa idup sama sekali, ane coba flash ulang error enable dram failed. Trus ane coba ganti preloader.bin lain berhasil hh bisa nyala lg tp masih bootloop dan gak bisa masuk recovery, ane coba memory test nand flash was not detected.
    Ada yg tau solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahannya kok sampai segitu ya gan.. :) soalnya ane pasang semua row lancar jaya :)

      Hapus
    2. Ane juga gitu gan .. mohon pencerahannya

      Hapus
    3. sama nih wah ko parah ya

      Hapus
    4. coba row 1 per 1 gan, baru success (y) sudah gw coba errornya sama gitu :D tapi stelah coba semua row bisa,

      BTW kalo flash sesuain row hp agan

      Hapus
  6. kenapa kalao flashing row lite S005 error terus ya, padahal flashing row 201 lancar.
    minta pencerahanya dong gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. errornya gimana gan? coba klik upgrade Firmware jangan yang download

      Hapus
  7. gan punya saya row lite005 saya flashing ke row 111 kok kameranya gak bisa kebuka,, mohon petunjuknya...

    BalasHapus
  8. ini ane hp beli second gan, ane gk tau row awalnya berapa trus ane flashing ke row 108 success tapi cant connect to the camera, mohon pencerahannya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flash pakai yg lite 005 aja gan coba :)

      Hapus
  9. gan help me please, ane udah selesai dan berhasil instal row lite_S005, tapi kok sim card jadi gak kebaca / ke detec, solusi gimana gan ???? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Gan kan waktu dulu row ori saya 201 gan pernah bootloop trus saya flashing row nya skrang 108 mau ke row ori lg gan download nya yang mana gan

    BalasHapus
  11. Gan kan waktu dulu row ori saya 201 gan pernah bootloop trus saya flashing row nya skrang 108 mau ke row ori lg gan download nha yang mana gan

    BalasHapus
  12. makasih gan agan memang yang sempurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih,, kesempurnaan hanya milik Allah SWT :)

      Hapus
  13. gan kok selalu ada bacaan enable dram fail

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,, udah terisntall semua kan bahan bahannya?

      Hapus
  14. Min Kalo HP GARA GARA UBAH RECOVERY ...... Trus Mati Total Bisa Di Flashing Gk.... Tolong Jawaban Nya

    BalasHapus
  15. cara liat based firmware gmn yaa gan? mau ane balikin ke awal soalnya kamera gak bisa dibuka setelah pake row 108

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lihat di setting about phone paling bawah gan :)

      Hapus
  16. gagal gan ada bacaan :BROM ERROR: S_BROM_DOWNLOAD_DA_FAIL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan pakai windows 7 atau win 8? kalau win8 kadang gagal.. atau filenya korup.. coba download lagi gan :)

      Hapus
  17. fail gan ada bacaan : enable dram fail

    BalasHapus
  18. hh ane brick gan mati total,solusinya gimana gan?

    BalasHapus
  19. a369 ane brick gan,mati total,solusiny gmna?

    BalasHapus
  20. Gan Error 8046 Tolong Pencerahannya
    Please

    BalasHapus
  21. om,aq pernah dwnload row 111 koq pas ane extract ada peringatan file damage y??

    BalasHapus
  22. pas open scatter kok ada silang merah gan "failed...", udah di coba terus sama aja, gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. udah bisa belum? kalau belum bisa coa ke service AJA gan :)

      Hapus
  23. gan link row 201 nya emang udah mati?

    BalasHapus
  24. Saya nyangkut d 0% dan setelah pasang usb error mulu

    BalasHapus
  25. Nyangkut di warna ungu habis itu error

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah klik upgrade > firmware kan? :)

      Hapus
  26. penyakitnya sama gan,ada yg udah bisa?

    BalasHapus
  27. download file dan open file row nya memang lama ya gan?

    BalasHapus
  28. selain di google drive link download row s111 nya ada lagi ga gan soal nya saya ga bisa download di google drive

    BalasHapus
  29. gan,gagal mulu nih.. gak bisa install driver.. driver nya yang mana sih.. kan ada 2 tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai windows berapa gan kalau win 8 kyaknya bkm bisa :)

      Hapus
  30. gan instal drivernya gimana ya? ane kurang paham :)

    BalasHapus
  31. Kok malah matot ya gan
    Stlah pakek row 201 bootloop trus tak flash pakek row 108
    Tolong pencerahany... N bisa gak ya hidup lagy sprti sdiakala??
    Trimakasih sblumny

    BalasHapus
  32. Kok mlah bootloop ya gan
    Stlah row 201 bootloop tak flash pakek row 108
    Tolong pencerahanya

    BalasHapus
  33. Help gan,
    Ane kan lagi main hp, tiba2 hp ane mati sendiri, trus ane nyalain lagi gan, pas masuk homescteen selang 1 menit hh ane mati lagi, udh ane restore,ganti custom rom, tapi masih tetep gan, mati lagi... solusinya gan, please..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas ganti rom dah bener cara installnya? apa mungkin batrenya ya :)

      Hapus
    2. Udh bner gan ganti rohnya, batre juga msih sehat.. itu knpa ya?

      Hapus
    3. wah apa mungkin hardwerenya?

      Hapus
  34. gan setelah finish terus HH ane hidupin nggak keluar sinyalnya....Mohon Pencerahanya

    BalasHapus
  35. gan ane flash pake row 201 sukses tapi kagak keluar sinyal, terus ane ganti pake yang ori row 108 malah mati total

    pencerahan gan please....

    BalasHapus
  36. gan punya ane awalnya row110 terus ane flash pake 108 alhasil camera nggak mau konek,berarti ane download yang row 110 ya? terus pas eksekusi tekan download atau firmware-update? makasih

    BalasHapus
  37. gan row awal saya 110 terus ane flash ke 108 alhasil camera nggak mau konek,berarti ane download yang 110 ya? terus pas eksekusi tekan download atau firmware-update? maksih

    BalasHapus
  38. gan hp saya kenapa ya ,kalau saya coklokin casan kan kluar gambar batrai merah, trus dia mati , nyala ,mati,nyala sendiri gan apa ya penyebab dan solusinya mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya gimana ?

      Hapus
    2. mungkin batrenya yg dah rusak ato romnya yang udah usang gan :)

      Hapus
  39. help gan, kan hp saya mati trus saya colokin casan, tapi pas muncul gambar batre malah mati nayal berulang ulang itu kenapa ya gan ?? mohon bantunya gan

    BalasHapus
  40. hp saya kenapa ya gan, kan mati trus saya colokin casan tapi malah mati hidup sendiri itu kenapa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di flash ulang belum :) coba flash ulang aja

      Hapus
  41. udah saya flash ulang dari row s111 ke s111 juga sukses, trus saya pengen flash ulang lagi dari row s111 ke s110 tapi malah hh saya malah mati total gak bisa nyala sama sekali,itu kenapa ya gan??

    BalasHapus
  42. Mas, saya mau nanya build number saya A316i_S032_140112 itu row nya berapa ya ?

    BalasHapus
  43. Mas, saya mau nanya build number saya A316i_S032_140112 itu row nya berapa ya ?

    BalasHapus
  44. Ini gmn gan stlh klik download SP FLASH TOOL ERROR
    trs ane klik FIRMWARE UPGRADE. BROOM ERRORERROR
    PAKE Row 108 sedang ane ga tau ini hh di row berapa

    BalasHapus
  45. Ini gmn gan stlh klik download SP FLASH TOOL ERROR
    trs ane klik FIRMWARE UPGRADE. BROOM ERRORERROR
    PAKE Row 108 sedang ane ga tau ini hh di row berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah klik mana gan yang penting bisa di jalanin :) n gak error

      Hapus
  46. Gan punya ane matot gara2 kepencet format
    Tapi masi kedteksi, solusi gan makasih

    BalasHapus
  47. gan ada usb yang buat windows 8.1 gak? makasih

    BalasHapus
  48. gan punya ane layarnya ga nyala tapi ada suaranya aja, tadi pas ngeflash sempet ngebug kaya yang diatas tapi saya ikutin n sukses tapi malah lanyarnya ga nyala n ada suaranya aja

    BalasHapus
  49. mas revan. kok link SP FLASH TOOL.a kga bisa d download yah???
    klo bisa ane minta link yg lain um....

    BalasHapus
  50. gan hp ane udah di fleas gonta ganti row tapi kog msh tetep aj sering macet dan reboot sendiri imei juga hilang ... ksh solusi gann ...
    dulu rusak karena gagal costumrom

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dulunya gimana gan kok bisa gitu?

      Hapus
  51. gan hp saya udah di fleas gonta ganti row kog msh ttp aj sering macet dan sering reboot sendiri ... imei juga hilang gan ... kash solusinya gan ...
    awalnya dlu gagal costum rom

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya di backup dulu gan imeinya.. kalau semua row udah di coba dan masih sama seperti itu mungkin dari HHnya rusak hardwarenya :)

      Hapus
  52. gan klo row sma rom sma ngga si

    BalasHapus
  53. Gan ane kan row s008 imeinya null mulu, udah pake apapun cara tetep null gan.. kira kira firmware yang tepat atau pas yang mana ya mohon pencerahannya

    BalasHapus
  54. gan ane kan row nya s008 nah imei nya null mulu, pake cara apapun tetep ga bisa, kira kira firmware yang pas yang mana ya gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coban agan pake yang lite 005 dulu... kalo tetep gak bisa mungkin pake backupan rom aja kalo ada :)

      Hapus
  55. gan ane bootloop gara-gara restore build.prop asli, gimana gan ngibad?

    BalasHapus
  56. gaan ane gabisa nginstal usb drivernya gan.

    BalasHapus
  57. makasih gan ^_^ , Lenovo a369i pake ROW Lite_S005 works!!!
    untuk lenovo 369i waktu flashing spf tool nya error (DRAM enable failed) pake ROW Lite_S005 ^_^

    BalasHapus
  58. gan.. help me please.. :'(

    kemaren tk cusrom,, tpi failed,, trus hp'a ke restart ga tau knp mlh ga idup sama sekali,,, udah coba flash ulang tpi tetep ga bisaa :'(
    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bootlop itu .. kalau masih biamasuk cwm dll tinggal install custom rom sesuai row aja

      Hapus
  59. Mentok Di 0% udah ikutin tutor tetep aja ga jalan? gimana ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang emang agak susah hehe.. coba spalsh toolya di update dulu

      Hapus
  60. bedane antar row apa ya gan?? pnya ane 108 upgrade ke 110 koq g ada yg berubah??
    newbie mohon pencerahan...

    BalasHapus
  61. min punya saya setelah flashing kok pas mau dihidupin kaga mau ya? :(
    padahal batery full + sudah saya tekan lama

    BalasHapus
  62. knapa lenovo a369i sering muncul ngehank warna putih pada layar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakn aplikasi yang berjalan mungkin gan :)

      Hapus
    2. sudah diflash tete bank putih tetapi kadang muncul tampilan normal......nanti blank lagi. Apa mungkin hardwarenya seperti lcd atau apanya?

      Hapus
  63. gan row s008 ada gak

    hp saya hardbrick gmna ya caranya benerinnya?

    BalasHapus
  64. pas mau extract, file system.img nya corrupt..
    gimana ya??

    BalasHapus
  65. Gan kok ane isntall driver usbnya gak kedeteksi ya HHnya?

    BalasHapus
  66. Alhamdulilah gann akhrinya jadii juga,sempet bingung error mulu waktu frmware upgrade invalid arguments 1002 gtu.tapi abis update spflashtool nya versi baru akhirnya bisa.kalo bisa uploadin ke sini ya versi yang barunya hhe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan.. kalo boleh minta link sp flash tool yang versi baru jug aboleh eheh :)

      Hapus
    2. itu kok file ny g bs download om
      solusi dong cara download nya

      Hapus
  67. Gan, kalo baterai hpnya nggak bisa dilepas gimana?

    BalasHapus
  68. Gan hp ane row awal 201 bot loop ane flash pake row 108 stelah slesai flash kamera gak dapat menyambung. Kl saya flash ulang lg pake row 201 apakah bsa seperti smula lagi. Tolong pencerahan ny bos

    BalasHapus
  69. Gan hp ane roe asli ny 201 botlop ane flash pake row 108 nyala tp kamera gak dpt terhubung. Apakah ada cra lain selain flash ulang lg buat bs bk tu kamera. Tkb

    BalasHapus
  70. Gan row ane asal 201 di flash pake row 108 alhasil nyala tp kamera tidak dapat terhubung. Kl ane plash lg pake row 201 apakah normal sperti semula gan. Tkb

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja gan kayaknya si bisa.. tapi kalo gak bisa coba flash pake yang row lite 005

      Hapus
    2. Lancar jaya gan kembali ke row 201,no kendala
      Thanks gan.

      Hapus
    3. wah selamat selamat... sama sama :)

      Hapus
    4. Gan link donlod rom row 201 ny da ngk.... 👍

      Hapus
  71. thx banget gan ane pake 111 lanjay gan ;) meski gagal beberapa x tapi ane akalin gan hehe :)

    thx banget ;)

    BalasHapus
  72. gan, kok pas ane download bahan bahannya malah kebuka weh safelinkreview.com? mohon bantuannya ga, maklum ane newbie. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, klik click here ato visit link :)

      Hapus
  73. gan, saya udah download row 201, tpi rar nya minya password !! minta passwordnya gan !! terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa si gan minta password.. dulu saya gak kok :)

      Hapus
    2. masalah password udah ada solusinya ! sekarang masalahnya, USB gak ke detect di computer ! minta solusinya gan !! dan HH itu apa?

      Hapus
    3. HH singkatan dari Handheld. kalo usb gak kdetek biasanya gak pake kabel usb ori ato pake win 8

      Hapus
  74. gan itu row maksud nya apa gan?
    itu row nya terserah kita milih atau harus cocok sama row kita gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. row itu kaya nomor bentukan gan :) di setting > about phone paling bawah.. rpwnya harus di sesuaikan dengan HH kita

      Hapus
    2. hh saya sudah terlanjur bootloop gan jadi gimana check nya?
      minta link fb agan donk gan butuh pencerahan nih gan :(

      Hapus
  75. tapi gan hh ane udah terlanjur bootloop gimana gan?
    minta link fb agan donk saya butuh pencerahan :(

    BalasHapus
  76. kasih review aja gan...
    mantab gan hp nya dah kayak semula, padahal dah berbulan bulan didiemin coba" tutor diatas akhirnya idup lagi nih hp, bebas dari bootloop...
    thanks gan tutornya...

    BalasHapus
  77. gan saya sudah selesai flash ulang, tp malah sim card gak ke detect semua??mohon pencerahnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah baca ini belum PERINGATAN
      Sebelum flash , biasakan backup imei dulu ya.. buat jaga jaga.

      Hapus
  78. bro, ane kan s201 bisa diturunin ke s108 ga? jawab cepet dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan tapi jangan lupa backup imei buat jaga jaga :-d

      Hapus
  79. sukses flash setelah matot gk bisa hidup layar item gara* atur cpu
    Tp sekarang udh enjoy setelah hp q hidup lagi
    thank om tutor ny

    BalasHapus
  80. gan kok hh saya habis di flash malah mati total gimana nih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bener belum gan caranya... mungkin proses blm selesai.. coba di ulang lagi aja gan :)

      Hapus
  81. bang sorry ganggu, hape LENOVO a369i saya rusak gara gara ngeganti cusrom. kalo dinyalain cuma ngegeter => muncul logo => ngeblank. ga bisa masuk recovery mode bang. tolong minta sarannya.

    BalasHapus
  82. gan hape saya rusak gara gara ngeganti cusrom. pas di nyalain (ngegeter=muncul logo=ngeblank putih) minta solusi nya dong bang, saya panik

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah sesuai row belum cara installnya? coba install rom yang sesuai row gan download romnya lwat hh lain atau pc.. nanti di taruh di sd card di hh yang bootlop :)

      Hapus
  83. dulu row saya 110 bang. udah gan, cuman pas DOWNLOAD ga nge proses spflashtoolsnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya install yang row 110 atau 108 aja,, jadi gak bootlop ,, :)

      Hapus
  84. kan ga bisa masuk recovery bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. manual masih bisa kan? coba tekan vol atas + vol bawah + power secara bersamaan

      Hapus
  85. udah gan tapi pas di click DOWNLOAD/UPGRADE FIRMWARE ko ga bereaksi apa apa gan?

    BalasHapus
  86. gan di downgrade bisa kan?

    BalasHapus
  87. HP saya tidak menyala ... Agak-agak boleh ngak saya flash menggunakan ROW 201 ...

    BalasHapus
  88. HP Lenovo A369i sya tidak bisa menyala akibat tersalah install custom ROM dan tidak bisa masuk ke Recovery ... Agak-agak bleh ngak sya flash HP sya ke ROW 201 ...

    BalasHapus
  89. HP Lenovo A369i sya tidak bisa menyala akibat custom ROM dan tidak bisa masuk ke Recovery ... Agak-agak bleh ngak sya Flash ke ROW 201 ...

    BalasHapus
  90. min kemaren ROW saya S111 hh saya bootloop dan saya pun flashing ke Firmware 201 sukses sih tapi imei nya hilang ?? apakah bisa dari Firmware 201 kembali ke 111 ?? mohon balas secepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan :) di coba aja ... kalau mau flash ajnagan lupa bakcup imei siapa tau bisa di restore

      Hapus
  91. agan tolong share scatter row 201

    BalasHapus
  92. agan tolong share scatter row 201

    BalasHapus
  93. gan ane udah nyoba row 201 dan 110 habis itu gk bisa on sama sekali. plis gan bantu ane gan.

    BalasHapus
  94. kok lama ya, pas download\

    BalasHapus
  95. kok setelah di flash tetep botlop

    BalasHapus
  96. alhamdulillah sukses gan :)

    BalasHapus
  97. maaf mastah tolong bantu ane
    hh ane masih bootloop aja gara" usai instal romn
    gtw knp bootloop
    smpe skrg udh berklikli instal rom yg beda juga tetep bootloop..dan skrg posisi emmc 0mb dan sdcard 0mb
    itu solusi bgymn mastah
    mohon solusi nya mastah

    BalasHapus
  98. nanya lagi mas, bisa gak kalo installnya via cwm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo flash ini harus pc gan kan di install ulang dengan firmware.. kalo lewat cwm ato lainnya biasanya custom rom atau stock rom yang dah di racik sedemikian rupa

      Hapus
  99. Gan, klau kameranya gk konek trs di instal ulang nnti bisa lagi t kameranya?

    BalasHapus
  100. Gan... Hp saya Lenovo a369i bootloop setelah cusrom s5 ingin flash ulang. firmware yg saya pake pertama s111 bisa diganti 108

    BalasHapus
  101. kok gini ya gan
    "Image RECOVERY checksum failed! Checksum reference value(Oxl 3a) in the config ini file.
    Please re-fill correct checksum values in Checksum.INI under tool folder and re-load scatter file again!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek splashtoolnya mungkin harus pakai versi yg lebih rendah gan.. kalo gak scatternya di cek ..

      Hapus
  102. gan ko ga ada reaksi ya pas klik download nya

    BalasHapus
  103. gan ko gg ada reaksi ya pas klik downloadnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bener belum langkah langkahnya gan :) .. coba usbnya pakai yang ori aja

      Hapus
  104. thanks ya gan!!
    tutorialnya berhasil pake row 201

    BalasHapus
  105. lenovo saya baru selesai sy flash,tp kok ga mau hidup ya, kalo di cas tp udah bisa.

    BalasHapus
  106. gan ada yang row litenya s006

    BalasHapus
Berkomentarlah sesuai artikel
Link mati segera hubungi admin
Link aktif di komentar langsung di hapus
Blogger yang baik tidak melakukan copy paste sembarangan
Blog ini sepenuhnya di lindungi oleh DMCA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel